Tanya:
Saya seorang karyawan tapi ingin mulai membuka bisnis. Ada yang menawarkan kepada saya untuk menanam modal di usaha kulinernya dengan perhitungan sebagaicontoh: saya menanam modal 10 juta dan ia menjanjikan akan memberikan saya 1 juta setiap bulannya, dan modal saya yang 10 juta akan dikembalikan dalam satu tahun. Apakah itu namanya investasi? Bagaimana cara mengetahui bahwa saya tak akan merugi?

Angel

Jawab:
Hai Angel,

Jika Anda ingin berinvestasi, Anda harus siap menghadapi risikonya. Risikonya adalah bisa jadi orang tersebut tidak membayar sesuai janjinya, bahkan uang Anda bisa tidak balik.

Saran saya, coba amati usaha kuliner orang itu seberapa menguntungkan. Karena return 1 juta per bulan dengan modal yang hanya 10 juta itu besar sekali.

Tapi bukan tidak mungkin, lho. Kalau perlu, minta catatan perhitungan keuntungan dia di masa lalu, sehingga Anda punya gambaran secara umum mengenai jalannya usaha kuliner tersebut.

Bentuk kerja sama seperti ini bisa masuk dalam kategori investasi. Dalam investasi berlaku rumus “high risk high return” dan “low risk low return”.

Jika Anda berminat untuk mengambil tawaran investasi kuliner ini, sebaiknya jangan dari seluruh uang Anda. Maksud saya, jika uang 10 juta itu adalah jumlah dana yang secara persentase kecil, alias kurang dari 10% uang simpanan Anda, maka silakan dicoba. Atau jika Anda siap untuk kehilangan uang 10 juta itu baik seluruhnya maupun sebagian, maka tawaran itu boleh dicoba.

Semoga bermanfaat, ya.

Mohammad B. Teguh, CFP®
Independent Financial Planner
QM Financial

disalin dari:
Oleh QM Financial | Yahoo! SHE – Jum, 12 Okt 2012 11:55 WIB
Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡≡

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini.