Strategi Meningkatkan Cara Berpikir Positif

Seseorang ditentukan oleh cara berpikirnya, bukan oleh latar belakang keluarga, pendidikan ataupun hartanya. Untuk menjadi seorang yang sukses tidak dibutuhkan seberapa banyak intelejensi yang Anda miliki, seberapa tinggi IQ Anda atau seberapa tinggi pendidikan Anda, akan tetapi bagaimana cara Anda menggunakan intelejensi yang benar-benar Anda punya. Cara Anda berpikir jauh lebih penting dari pada intelejensi itu sendiri.

Seorang yang besar memiliki cara berpikir yang besar. Berpikir besar sama halnya berpikir positif. Seorang yang besar hanya akan memenuhi pikirannya dengan hal-hal positif, dia ahli dalam memberikan gambaran yang positif baik di dalam pikiran dia sendiri maupun dalam pikiran orang lain. Semua pikiran positif itu hanya perlu dibentuk dengan melatih diri menggunakan kata-kata atau frase yang bermuatan energi positif setiap saatnya.

Latihlah diri Anda untuk menggunakan kata-kata atau frase yang positif dalam setiap berbicara, meski dalam keadaan buruk sekalipun. Misalnya saja saat seseorang yang sangat Anda kasihi mengalami kecelakaan dan akhirnya meninggal. Lalu bagaimana cara Anda menyampaikan kabar duka ini kepada keluarga Anda? Apakah dengan mengatakan, “si A telah ditabrak dan meninggal,” atau “si A telah dipanggil oleh Sang Pencipta, dia telah bahagia di surga Nya.”

Menurut Anda, mana frase yang mampu memberikan energi yang positif kepada diri Anda sendiri maupun pada orang lain yang mendengarnya? Cara kedua tentu lebih menenangkan. maka mulailah mebiasakan diri Anda untuk menggunakan kata-kata yang besar dalam menghadapi situasi apapun, dengan begitu pikiran Anda pun akan mulai terbiasa dan terasah untuk selalu berpikir yang positif.

Berikut beberapa cara untuk mengembangkan berpikir besar yang dapat Anda jadikan panduan untuk melatih diri Anda:

  1. Saat menggambarkan suasana hati atau perasaan Anda

Gunakanlah kata atau frase yang besar, positif dan ceria saat menggambarkan suasana hati Anda. Apa jawaban Anda saat ada seseorang yang menanyakan kabar Anda, “bagaimana perasaan Anda hari ini?” Lalu Anda menjawabnya dengan kata atau frase yang negatif, “saya letih, saya berharap sekarang adalah hari minggu.” Bagaimana perasaan Anda saat mengucapkannya? Saat itu juga Anda akan merasa letih dan kehilangan semangat untuk menjani hari. Tapi jika Anda menjawabnya dengan, “baik sekali” atau “saya sehat dan baik-baik saja, Anda?” Perasaan yang akan timbul dalam diri Anda  pun akan berubah menjadi lebih baik. jadilah terkenal sebagai seorang yang selalu merasa senang, sikap ini akan membuat Anda memiliki banyak teman.

  1. Saat menggambarkan orang lain

Begitu juga saat Anda menggambarkan orang lain, gunakanlah kata atau frase yang cerah, ceria dan menyenangkan. Jadikanlah berkata positif sebagai peraturan bagi diri Anda untuk menggambarkan teman maupun rekan bisnis Anda. Terutama saat membicarakan pihak ketiga, tahanlah diri Anda untuk tidak mengecilkan orang lain dengan kata-kata Anda, karena lambat laun kata-kata itu hanya akan mengecilkan diri Anda sendiri.

  1. Membesarkan hati orang lain

Belajarlah untuk membesarkan hati orang lain dengan menggunakan kata-kata positif dari diri Anda. Semua orang menyukai pujian, maka jadilah orang yang murah pujian. Pujilah prestasi teman Anda, berika dia ucapan selamat secara pribadi atau pujilah penampilan mereka, keluarga mereka, apapun yang bisa membesarkan hati mereka. Serta jadilah orang yang mudah berterimakasih.

  1. Saat menyampaikan rencana kepada orang lain

Dalam menyampaikan informasi, ide maupun rencana kepada orang lain, biasakanlah untuk menggunakan kata atau frase yang positif untuk menyalakan semangat setiap yang mendengarnya. Misalnya, “ini ada kabar baik, kita mendapatkan tantangan yang lebih seru.” Maka teman-teman kerja Anda dengan antusias akan mendengarkannya, mata mereka akan menyala dan Anda akan mendapatkan dukungan.

Dengan membiasakan menggunakan kata dan frase yang positif dalam kehidupan Anda, dengan sendirinya akan merangsang pikiran Anda untuk selalu berpikir secara positif juga, karena pikiran beraksi sesuai dengan apa yang Anda katakan. Pilihlah setiap kata yang akan Anda ucapkan mulai dari sekarang, kembangkan kata positif itu setiap harinya.

DMCA.com Protection Status

Related Post

Jangan Menuhankan SOPJangan Menuhankan SOP

Pernahkah [s2If is_user_logged_in()][s2Get constant=”S2MEMBER_CURRENT_USER_FIRST_NAME” /][/s2If][s2If !is_user_logged_in()]Anda[/s2If] pergi ke suatu cafe atau restoran yang melarang [s2If is_user_logged_in()][s2Get constant=”S2MEMBER_CURRENT_USER_FIRST_NAME” /][/s2If][s2If !is_user_logged_in()]Anda[/s2If] membawa minuman dari luar? Atau suatu hotel yang mewajibkan pengunjungnya memesan